Siti ‘Aisyah Hilal

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Siti Aisyah binti K.H. Ahmad Dahlan lahir di Kauman, Yogyakarta, pada tahun 1905. Dia anak keempat dari enam bersaudara putra-putri K.H. Ahmad Dahlan dengan Siti Walidah. Ia merupakan perempuan generasi kedua yang menempuh pendidikan di sekolah umum, bersama Siti Zaenah, Siti Dalalah, Siti Busyro, Siti Hayinah, Siti Badilah, dan beberapa perempuan muda Kauman lainnya.

Dalam Kongres ke-20 Muhammadiyah di Yogyakarta tahun 1931, Siti ‘Aisyah terpilih menjadi ketua Hoofdbestuur Muhammadiyah Bahagian ‘Aisyiyah menggantikan sang ibu. Masa kepemimpinannya waktu itu hanya berlangsung satu tahun. Tahun 1932 hingga 1936, tampuk kepemimpinan beralih ke tangan Siti Munjiyah.

Siti ‘Aisyah kembali memimpin ‘Aisyiyah tahun 1937 hingga 1953. Posisinya sempat tergantikan dua kali, yaitu oleh Siti Badilah pada 1938 hasil Kongres ke-27 di Malang dan oleh Siti Hayinah pada 1946 hasil Kongres Darurat di Yogyakarta.

Kiprah Siti Aisyah Hilal

1. Mencetak sejarah penting dalam Aisyiyah. Di tahun 1931, siswa praja wanita diganti menjadi Nasjiatul Aisjiah. Dengan berdirinya NA (Nasyiatul Aisyiyah), maka perkaderan dalam lingkungan Aisyiyah menjadi lebih tertata.

2. Mempelopori adanya Kongres Bayi atau Lomba Bayi Sehat pada saat Kongres Muhammadiyah ke-26 di Yogyakarta. Acara ini sebagai sebuah komitmen Aisyiyah untuk menggalakkan kepedulian terhadap kesehatan anak.

3. Aisyiyah memiliki strategi untuk berjuang dari ancaman penjajah Jepang. Aisyiah Hilal menempuh jalan bergabung dengan Fujinkai (perkumpulan perempuan buatan Jepang). Karena madrasah tidak boleh buka, maka diganti dengan PMA (Pengajian Menengah Aisyiyah), menggelar dapur umum dan juga aktif dalam Palang Merah Indonesia.

4. Dibawah kepemimpinannya, Aisyiyah mendirikan BKIA, Rumah Bersalin, Asrama Putri, Panti Asuhan, Penitipan Bayi dan Anak, program santunan bencana alam, bahkan membuka Universitas Sastra Arab Ummul Mukminin.

Sumber:

https://suaraaisyiyah.id/daftar-ketua-umum-pp-aisyiyah-dari-masa-ke-masa/https://ibtimes.id/siti-aisyiah-hilal-memimpin-aisyiyah-7-periode/

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Aisyiyah

Siti Walidah

Siti Walidah lahir di Yogyakarta pada tanggal 3 Januari 1872. Siti Walidah merupakan putri seorang ulama dan kerabat Kesultanan Yogyakarta bernama Kiai Haji Muhammad Fadli.

Aisyiyah

Siti ‘Aisyah Hilal

Siti Aisyah binti K.H. Ahmad Dahlan lahir di Kauman, Yogyakarta, pada tahun 1905. Dia anak keempat dari enam bersaudara putra-putri K.H. Ahmad Dahlan dengan Siti