Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Siti badilah dilahirkan di Yogyakarta 15 Mei 1903 sebagai putri ketiga dari 12 bersaudara keluarga H Muhammad bin Khotib Wetan, seorang pengusaha batik.

Siti Badilah di kalangan wanita Indonesia dan wanita Islam khususnya berhasil mendobrak kebekuan kaum wanita dalam bidang pendidikan, meskipun pendidikan beliau hanya sampai di Mulo. Setamat NHJMS (Sekolah Dasar berbahasa Belanda) meneruskan ke Mulo. Dari Mulo meneruskan ke Europeese Normaal School, Europeese help akte. Dan pada siang harinya, bersama kawan-kawan, almarhumah diberi pelajaran Agama oleh Kiai Dahlan. Siti Badilah merupakan perempuan yang cerdas. Ia menguasai bahasa Belanda, Inggris, dan Arab.

Ketika ‘Aisyiyah berdiri, ia ditunjuk untuk menjadi sekretaris mendampingi Siti Bariyah sebagai ketua. Pada 1928, ia juga terlibat dalam Kongres Perempuan Indonesia I bersama Siti Hayinah dan Siti Munjiyah. Siti Badilah terpilih menjadi ketua ‘Aisyiyah hasil keputusan Kongres ke-27 di Malang pada 1938. Posisinya sebagai ketua tidak berlangsung lama, hanya satu tahun. Ia dikenal aktif berdakwah di masyarakat, mulai zaman kolonial, kemerdekaan, hingga orde baru. Tak heran jika ia disebut sebagai “mubalighat tiga zaman”.

Kiprah Siti Badilah

1. Dalam penerbitan majalah Soeara ’Aisjijah, Siti Badilah termasuk di antara empat jajaran redaksi pertama bersama Siti Juhainah , Siti Aisjah, dan Siti Jalalah.

2. Siti Badilah berkali-kali terlibat dalam struktur Aisyiyah, bahkan sejak kepemimpinan Siti Bariyah (1917-1920) pun dia sudah terlibat aktif dalam jajaran HB Muhammadiyah bahagian Aisyiyah.

Sumber

https://www.republika.co.id/berita/qadpvo366/mengenal-pendiri-aisyiyah-siti-badilah-zubair

https://suaraaisyiyah.id/daftar-ketua-umum-pp-aisyiyah-dari-masa-ke-masa/https://alif.id/read/muarif/siti-badilah-zubair-dari-guru-aktivis-aisyiyah-hingga-wartawati-b209722p/

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Aisyiyah

Siti Walidah

Siti Walidah lahir di Yogyakarta pada tanggal 3 Januari 1872. Siti Walidah merupakan putri seorang ulama dan kerabat Kesultanan Yogyakarta bernama Kiai Haji Muhammad Fadli.

Aisyiyah

Siti ‘Aisyah Hilal

Siti Aisyah binti K.H. Ahmad Dahlan lahir di Kauman, Yogyakarta, pada tahun 1905. Dia anak keempat dari enam bersaudara putra-putri K.H. Ahmad Dahlan dengan Siti