Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Siti Bariyah binti Haji Hasyim Ismail, lahir di Kauman, Yogyakarta pada tahun 1325 H. Ia merupakan salah satu putri Lurah Keraton Yogyakarta, Haji Hasyim Ismail, yang menjadi motor penggerak reformasi Islam yang dirintis oleh K.H. Ahmad Dahlan. Sebagai putri Haji Hasyim Ismail, Bariyah bersaudara dengan Jasimah (Bu Jusak), H. Syuja’, H. Fachrodin, Ki Bagus H. Hadikusumo, H. Zaini HS, Siti Munjiyah, dan Siti Walidah.

Beliau merupakan salah satu di antara perempuan yang dikader langsung oleh Kiai Ahmad Dahlan. Beliau mahir berbahasa Belanda dan Melayu. Melalui rapat pendirian ‘Aisyiyah tahun 1917, dipilihlah Siti Bariyah sebagai ketua yang pertama. Pemilihan itu bukan tanpa alasan. Dari awal ia aktif di pengajian Sopo Tresno, tamatan Neutraal Mesijes, dan dikenal cakap dalam memimpin. Ia memimpin ‘Aisyiyah dari tahun 1917 sampai 1920.

Siti Bariyah meninggal dunia dalam usia relatif muda. Tetapi namanya telah tercatat dengan tinta emas bahwa dialah presiden (ketua) pertama Hoofdbestuur Muhammadiyah bahagian Aisyiyah.

Kiprah Siti Bariyah

1. Membawa Aisyiah untuk turut serta dalam program pemberantasan buta huruf, mempelopori pembangunan panti jompo dan pengkaderan bagi kaum perempuan melalui Pendirian taman kanak-kanak dan cikal bakal NA atau Siswa Praja Wanita.

2. Memprakarsai pendirian majalah “Soeara Aisjijah” yang merupakan media bagi kaum perempuan di Muhammadiyah.

3. Melalui pengajian-pengajian yang ia berikan, ia mengenalkan terjemahan Al-Qur’an ke dalam bahasa yang akrab di telinga rakyat.

Sumber:

https://aisyiyah.or.id/tokoh/siti-bariyahhttps://mbstarakan.sch.id/siti-bariyah-tokoh-intelektual-perempuan-muhammadiyah-dan-ketua-pertama-aisyiyah/

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Aisyiyah

Siti Walidah

Siti Walidah lahir di Yogyakarta pada tanggal 3 Januari 1872. Siti Walidah merupakan putri seorang ulama dan kerabat Kesultanan Yogyakarta bernama Kiai Haji Muhammad Fadli.

Aisyiyah

Siti ‘Aisyah Hilal

Siti Aisyah binti K.H. Ahmad Dahlan lahir di Kauman, Yogyakarta, pada tahun 1905. Dia anak keempat dari enam bersaudara putra-putri K.H. Ahmad Dahlan dengan Siti