PROF. DR. K.H. DIN SYAMSUDDIN. MA (2005-2015)

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Prof. Dr. KH. Muhammad Sirajuddin Syamsuddin, MA, atau dikenal dengan Din Syamsuddin lahir pada 31 Agustus 1958 di Sumbawa, NTB. Beliau menikah dengan Fira Beranata, dan memiliki 3 orang anak. Din Syamsuddin adalah seorang politisi yang saat ini menjadi Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2005-2010 dan 2010-2015, jabatannya ini lalu digantikan oleh Dr. KH. Haedar Nashir, M.Si.

Din Syamsuddin  menyelesaikan masa pendidikan dasar dan menengah di madrasah Ibtidaiyah  dan tsanawiyah Nahdhatul Ulama (NU) Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat (NTB). Selesai dari sana, Din hijrah ke Jawa Timur. Ia mondok di Pondok Pesantren Darussalam Gontor, Jawa Timur dan menyelesaikannya pada tahun 1975, dalam usia 17 tahun. ari pondok, Din melanjutkan kuliah di IAIN Syarif Hidayatullah (sekarang UIN) di Falkultas Ushuluddin, Jurusan Perbandingan Agama dan sukses meraih gelar sarjananya pada tahun 1982. Dalam urusan pendidikan, Din memang terbilang beruntung. Dia meneruskan pendidikan master dan doktornya di luar negeri dengan kuliah di University of California, Los Angels (UCLA), Amerika Serikat, Interdepartmental Programme in Islamic Studies.

Selain berkutat di pendidikan, Din terlihat aktif di organisasi.  Sejak usia pelajar, dia diberi kepercayaan memimpin Ikatan Pelajar Nahdhatul Ulama (IPNU) Cabang Sumbawa. Saat kuliah, ia juga aktif di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), berlanjut ke Pemuda Muhammadiyah, bahkan sampai ke organisasi induknya sebagai Ketua Umum PP Muhammadiyah.

Selain aktif sebagai ketua umum PP Muhammadiyah selama 10 tahun, Din juga aktif di dunia internasional, seperti:

  1. Center for Dialogue and Cooperation among Civilizations (CDCC)
  2. World Islamic People’s Leadership (WIPL)
  3. World Council of World Islamic Call Society (WCWICS)
  4. Asian Committee on Religions for Peace (ACRP), World Peace Forum (WPF).

Karya-karya Haedar Nashir:

  1. Muhammadiyah Kini dan Esok (1990) (URL: http://search.lib.ums.ac.id/cgi-bin/koha/opac-detail.pl?biblionumber=7649 )
  2. Etika Agama dalam membangun masyarakat madani (2000) (URL: http://search.lib.ums.ac.id/cgi-bin/koha/opac-detail.pl?biblionumber=45905 )

Sumber:https://biografi-tokoh-ternama.blogspot.com/2016/10/biografi-din-syamsuddin-ketua-umum.html

https://chanelmuslim.com/khazanah/biografi-prof-dr-din-syamsuddin

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Muhammadiyah

K.H. Ibrahim (1923-1934)

K.H. Ibrahim lahir di Kauman Yogyakarta pada tanggal 7 Mei 1874 dan wafat pada tahun 1934. Ia adalah putra K.H. Fadlil Rachma­ningrat, seorang Penghulu Hakim

Muhammadiyah

K.H. Hisyam (1934-1937)

K.H. Hisyam lahir di Kauman Yogyakarta, tanggal 10 November 1883 dan wafat 20 Mei 1945. Ia memimpin Muhamadiyah hanya selama tiga tahun. Ia adalah salah satu